4 Tips Menggunakan Pensil Untuk Ujian

Posted on 5 Maret 2009. Filed under: Tips | Tag:, , , , , , , , , , , , , |

Sejak diterapkannya sistem koreksi komputerisasi, mengharuskan lembar jawab ujian diisi dengan pensil yang dapat terbaca oleh sistem tersebut yaitu dengan pensil 2B. Berikut beberapa tips penting memilih alat tulis sebagai “senjata” pamungkas tembus berbagai ujuan.

1.Untuk pensil, jangan memilih pensil mekanik. Karena pensil mekanik tersebut memiliki lead yang lebih keras sehingga dapat mengakibatkan lembar jawaban sobek dan bergelombang. Maka dari itu, semua bentuk ujian sekarang menggunakan pensil 2B.
2.Lalu perhatikan isi pensil. Jangan memilih isi pensil yang miring karena dapat dipastikan isi pensil tersebut mudah patah ketika digunakan, pilihlah pensil dengan leads tepat di tengah.
3.Selain itu, posisi leads di tengah saja belum tentu menjamin keamanan dan kenyamanan dalam mengerjakan soal. Lihat juga pensil yang isi atau leads yang besar, ini akan mempermudah dan mempercepat dalam melingkari jawaban, dan pastikan isi pensil tersebut memiliki tingkat ketebalan yang sempurna sehingga dari ujung satu ke ujung lain pensil memiliki grade yang sama yaitu 2B.
4.Kemudian yang terpenting, pilihlah isi pensil yang lebih berkilau. Isi pensil yanglebih berkilau akan lebih mudah dibaca oleh scanner saat dilakukan koreksi atas jawaban yang di kerjakan.

Saat mengerjakan soal ujian, dengan terbatasnya waktu pelaksanaan, bisa jadi kita sembarangan atau asal menghitamkan lembar jawab saja. Kesalahan tentu sering terjadi, oleh karenanya kita membutuhkan penghapus. Penghapus yang baik harus berbahan lembut agar tidak merusak permukaan kertas. Jangan sekali-sekali menggunakan penghapus karet (penghapus warna-warni). Ini akan berakibat fatal, penghapus ini akan mengikis permukaan kertas sehingga bila sering di gunakan akan melubangi kertas. Biasanya penghapus meninggalkan debu atau kotoran pada kertas, maka gunakan penghapus khusus ujian yang tidak merusak dan lembar jawaban dapat terbaca oleh scanner.

Saat menghitamkan atau mengarsir jawaban, tentu harus sesuai dengan lingkaran yang disediakan, maka dari itu dibutuhkan juga alat bantu lain seperti penggaris khusus ujian agar jawaban tersebut terarsir dengan benar dan rapi.

Berbagai ujian biasanya diikuti oleh banyak peserta, yang kemudian mengharuskan pelaksanaannya berada di luar gedung (misalnya di stadion). Tempat tersebut tentu tidak di lengkapi oleh meja tulis, maka di perlukan alat tambahan seperti clip board, papan alat tulis atau papan sandang yang sangat membantu dalam mengerjakan soal.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

3 Tanggapan to “4 Tips Menggunakan Pensil Untuk Ujian”

RSS Feed for Tonimulyono Comments RSS Feed

salam kenal… yuk kita berbagi ilmu…
kebetulan ni bentar lg un…

salam kenal jua
Smangat yach . . .


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: