Senjata Nuklir adalah Warisan Paling Berbahaya

Posted on 6 April 2009. Filed under: berita |

PRAHA,KOMPAS.com-Presiden Amerika Barack Obama mengatakan kehadiran senjata nuklir merupakan warisan Perang Dingin yang paling berbahaya.

Berbicara di depan puluhan ribu orang di lapangan Kastil Praha di Republik Ceko, Minggu (5/4), Obama menerangkan strateginya yang lambat laun menyingkirkan gudang senjata nuklir dari muka bumi.

Presiden Amerika itu menyerukan agar dicapai perjanjian baru pengurangan senjata strategis dengan Rusia menjelang akhir tahun serta mengumumkan rencana untuk mendorong Senat Amerika agar meratifikasi Perjanjian Larangan Ujicoba Komprehensif.

Dia mengatakan peluncuran roket oleh Korea Utara, Minggu, sebagai pelanggaran aturan. Dia mengatakan saatnya telah tiba untuk memberikan tanggapan internasional yang keras terhadap Korut.

Obama juga mengulangi proposalnya untuk mengadakan kontak dengan Iran terkait program nuklirnya, namun dia menambahkan Amerika tidak akan meneruskan rencananya dengan pembangunan perisai misil di Eropa bila Iran tetap menjadi ancaman.

Dia juga menyerukan agar diadakan sebuah perjanjian internasional baru yang akan mengakhiri produksi materi untuk membuat senjata nuklir dan perjanjian itu nantinya juga mengikutsertakan Tiongkok, India, dan Pakistan.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: