Anak Jenderal (Purn) R Hartono Dituntut Masa Percobaan 1,6 Tahun

Posted on 9 April 2009. Filed under: berita | Tag:, |

Terdakwa kasus penganiayaan terhadap mantan karyawan SPBU oleh anak Jenderal (Purn) R Hartono, Rudi Chandra dituntut masa percobaan 1 tahun 6 bulan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Surabaya. Tuntutan ini jauh lebih ringan dibanding dakwaan sebelumnya yakni 2 tahun 8 bulan.

Sidang beragendakan pembacaan tuntutan ini dipimpin Ketua Majelis Hakim, Binsar Manopo Pakpahan. “Terdakwa kita tuntut selama 9 bulan dengan masa percobaan selama 1 tahun 6 bulan,” kata JPU Beny Hermanto saat membacakan tuntutan di persidangan di pengadilan, Jalan Raya Arjuno, Surabaya, Rabu (8/4/2009).

Beny menjelaskan, pihaknya menganggap tuntutan yang diberikan sesuai dan berharap agar hakim bisa menyetujui tuntutan yang diajukannya. Beny mengelak jika tuntutan yang dibuat mendapat tekanan dari pihak ketiga. Karena jauh lebih ringan dari dakwaan.

“Yang kita lihat fakta dalam persidangan. Sedangkan di dakwaan kita hanya melihat dari Berita Acara Pemriksaan (BAP) kepolisian,” ujarnya.

Sementara pengadilan akan melanjutkan sidang Rabu (15/4/2009) mendatang dengan agenda putusan. Sebelumnya JPU mendakwa tersangka yang juga bos SPBU di kawasan Gentengkali ini dengan pasal berlapis. Diantaranya pasal 333 ayat 1 KUHP tentang barang siapa yang menahan (merampas kemerdekaan) orang atau meneruskan tahanan itu dengan melawan hak akan dikenakan hukuman penjara selama 8 tahun serta dijerat pasal 351 ayat 1 tentang penganiayaan dengan ancaman hukuman maksimal 2 tahun 8 bulan penjara.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: