Kolombia Tangkap Gembong Narkoba Paling Diburu

Posted on 17 April 2009. Filed under: berita | Tag:, , , , , , , , |

Antara – Kamis, April 16

Bogota (ANTARA/Reuters) – Polisi Kolombia menangkap gembong narkoba paling diburu di negara itu, Daniel Rendon Herrera, yang juga dikenal sebagai “Don Mario”, demikian diumumkan pemerintah, Rabu.

Rendon Herrera sebelumnya tahun ini menawarkan kepada orang-orangnya hadiah 1.000 dolar bagi setiap pembunuhan polisi, ketika pasukan pemerintah mengepung kartelnya di provinsi wilayah utara, Antioquia, tempat ia ditangkap pada Rabu pagi.

Gaya Rendon Herrera mengingatkan orang akan gembong kokain Kolombia paling diburu, Pablo Escobar, yang mengobarkan perang habis-habisan terhadap pemerintah pada 1980-an sampai ia ditembak mati oleh pasukan keamanan di sebuah atap bangunan Medellin pada 1993.

Kolombia menawarkan hadiah 2 juta dolar bagi orang yang membantu penangkapan Rendon Herrera.

Ia adalah saudara panglima paramiliter dipenjara yang dikenal sebagai “El Aleman” atau “Si Jerman”, nama julukan yang diperolehnya karena reputasinya memaksakan kedisplinan di kalangan pasukannya.

Rendon Herrera dituduh mengekspor berton-ton kokain dari pantai Karibia dekat Panama, sebuah daerah yang dikuasai saudaranya pada 1990-an ketika paramiliter sayap kanan berperang memprebutkan kendali atas wilayah itu dengan gerilyawan sayap kiri.

Kekerasan di Kolombia berkurang di bawah pemerintahan Presiden Alvaro Uribe, yang menggunakan dana bantuan AS milyaran dolar untuk memerangi gerilyawan dan melucuti paramiliter.

Namun, negara itu terus mengekspor sekitar 600 ton kokain setiap tahun, menurut data PBB.

“Don Mario adalah pengedar narkoba paling penting di luar sana, namun seseorang akan segera menggantikan tempatnya dan bisnis akan berjalan seperti biasanya,” kata konsultan keamanan yang berkantor di Bogota, Pablo Casas.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: