Wisatawan Perlu Layanan Informasi Objek Wisata

Posted on 20 April 2009. Filed under: berita | Tag:, , , , , |

Antara – Minggu, April 19

Yogyakarta (ANTARA) – Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir mengatakan meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah ini saat libur panjang akhir pekan perlu diantisipasi pelaku usaha wisata dengan layanan prima terutama informasi mengenai objek wisata.

“Libur panjang berdampak positif, karena hotel dan restoran di Yogyakarta dipenuhi wisatawan yang datang ke kota ini, dan seharusnya disikapi dengan pelayanan yang prima, sehingga mereka merasa memperoleh perhatian yang lebih,” katanya di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, dengan layanan yang prima, para pelaku usaha wisata di daerah ini diharapkan ikut menciptakan citra positif pariwisata Yogyakarta.

Hal itu akan selalu dikenang wisatawan yang pernah datang ke Yogyakarta ketika mereka kembali ke daerah asalnya.

“Pengalaman yang menyenangkan saat wisatawan berada di Yogyakarta, tidak saja menjadi kenangan manis bagi mereka, namun nantinya diharapkan pengalaman itu menjadi cerita menarik untuk diinformasikan kepada para sanak famili dan sahabat mereka,” katanya.

Menurut dia, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini dapat menjadi media promosi efektif untuk menyebarluaskan informasi tentang potensi objek wisata di daerah ini, apalagi sebenarnya masih banyak objek wisata yang menarik dapat dikunjungi mereka.

Selama ini, poros Candi Prambanan – Keraton Yogyakarta – Candi Borobudur masih menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan, baik dari mancanegara maupun nusantara saat berada di daerah ini.

Ia mengatakan objek wisata potensial dan mennarik dikunjungi antara lain kawasan pegunungan karst dan pantai berpasir putih di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul, makam raja-raja Mataram di Imogiri Kabupaten Bantul, pantai Glagah Kabupaten Kulonprogo, termasuk sejumlah museum di kota Yogyakarta.

Untuk itu, memberikan informasi objek wisata secara terus menerus harus selalu diupayakan agar lebih maksimal guna mendukung promosi dan pengenalan destinasi wisata baru kepada wisatawan, baik mancanegara maupun wisatawan nusantara.

“Dengan demikian, diharapkan dengan potensi pariwisata DIY yang cukup besar ini mampu memberi konstribusi pada peningkatan perekonomian di daerah ini, dan meningkatkan kesejahteraan warganya,” kata Tazbir.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: