Gara-gara Ahmadinejad, 40 Diplomat Eropa Tinggalkan Konferensi PBB

Posted on 22 April 2009. Filed under: berita | Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , |

detikcomSelasa, April 21

Gara-gara pidato yang disampaikan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, puluhan diplomat Uni Eropa meninggalkan ruang konferensi PBB yang berlangsung di Jenewa. Aksi walk out ini terjadi ketika Ahmadinejad menyebut Israel sebagai “rezim rasis paling keji dan represif.”

Dalam pertemuan PBB itu, Ahmadinejad mendapat kesempatan pertama untuk berpidato dalam konferensi antirasisme itu. Dalam pidatonya yang berlangsung setengah jam, pemimpin Iran itu menyampaikan pesan konsiliasi namun juga ejekan dan kecaman.

Ahmadinejad mengimbau adanya kesatuan global dalam perang melawan rasisme. Namun kemudian dia juga mengatakan, AS dan Eropa membantu membangun Israel setelah Perang Dunia II dengan mengorbankan rakyat Palestina.

“Mereka menempuh agresi militer untuk membuat seluruh rakyat tak memiliki tempat tinggal dengan dalih penderitaan warga Yahudi,” cetus Ahmadinejad menyinggung peristiwa Holocaust seperti dilansir AFP, Selasa (21/4/2009).

Pertemuan PBB tersebut telah berlangsung chaos sejak awal pidato Ahmadinejad. Dua pendemo sempat meneriakkan “Anda rasis!” kepada Ahmadinejad. Kedua pendemo itu kemudian langsung diamankan petugas keamanan.

Dan begitu Ahmadinejad menuding Israel sebagai “rejim rasis paling keji dan represif”, sekitar 40 diplomat dari Inggris dan Prancis serta negara Uni Eropa lainnya bergegas meninggalkan ruangan konferensi.

Dalam pidatonya itu, Ahmadinejad juga menyebut invasi AS ke Irak sebagai konspirasi Zionis.

Pertemuan PBB ini digelar di Jenewa dengan tujuan menganalisa upaya-upaya global untuk memerangi rasisme sejak Konferensi Dunia Terhadap Rasisme diadakan di Afrika Selatan pada 2001 lalu.

Negara-negara seperti AS, Jerman, Israel, Italia, Belanda, Polandia, Kanada, Australia dan Selandia Baru telah menolak hadir dalam pertemuan Jenewa tersebut. Alasannya, mereka khawatir Ahmadinejad akan menggunakan event itu untuk menyamakan Zionisme dengan rasisme.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Gara-gara Ahmadinejad, 40 Diplomat Eropa Tinggalkan Konferensi PBB”

RSS Feed for Tonimulyono Comments RSS Feed

Salut kepada Ahmadinejad ! Presiden kita mestinya juga berani bicara seperti itu di forum internasional.
Salam dari tenggara kalimantan, http://www.imisuryaputera.co.nr

ya kita berdoa aja smoga kelak presiden kita bisa seperti ahmadinejad. kalo negara kita sudah tidak menggantungkan hidup dari bantuan luar negeri kali ya?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: