Korban (Masih) Dekati 60 Ribu Jiwa

Posted on 25 April 2009. Filed under: berita | Tag:, , |

Jumat, 24 April 2009
Banjir Mulai Surut
SAMARINDA. Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Kota Tepian 7 hari terakhir, kini mulai surut. Jumlah korban memang berkurang. Namun masih berada di kisaran 55 ribu hingga 60 ribu jiwa yang berada di 2 kecamatan yakni Samarinda Utara dan Ulu.Misalnya di Kelurahan Sempaja Selatan, Samarinda Utara. Sebelumnya, banjir sempat merendam perumahan warga di 35 RT. Kemarin, tinggal banjir tinggal menenggelamkan rumah warga di 20 RT dengan korban mencapai 1.480 KK. Begitu juga di Temindung Permai walaupun banjir masih menggenangi 38 RT, tetapi korbannya tinggal 5.226 KK dari 6.223 KK pada dua hari sebelumnya.

Camat Samarinda Utara Marnabas Msi yang dikonfirmasi Sapos kemarin membenarkan hal tersebut. Ini menurutnya lebih disebabkan karena air Sungai Karang Mumus (SKM) yang surut. Apalagi sudah beberapa hari ini tak ada hujan deras. Ia berharap, surutnya air ini akan terus terjadi setidaknya dalam 2 hari terakhir. Sehingga 6 kelurahan di Samarinda Utara yang saat ini masih terendam, benar-benar bebas dari banjir.

“Banjir di beberapa kawasan sudah mulai surut. Ini menggembirakan walaupun korbannya masih tetap banyak. Tapi jumlahnya turun,” katanya lagi.

Tapi bila air SKM kembali pasang dalam beberapa hari ke depan, ia mengaku pesimistis banjir akan segera berlalu. Apalagi bila hujan terjadi di daerah Ulu SKM atau di sekitaran Waduk Benanga, dipastikan volume air akan kembali naik.

Beberapa langkah antisipasi untuk penanganan masalah banjir terus dilakukan. Misalnya dengan membagikan sembako kepada korban banjir, begitu juga tenda penampungan. Pihaknya juga sudah membangun dapur umum untuk korban banjir yang difokuskan di KNPI Jl Kemakmuran.

“Di masing-masing kelurahan juga masih tetap dibentuk posko untuk membantu korban banjir di lapangan. Intinya kami tetap siaga mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam beberapa hari kedepan,” tandasnya lagi.

Sementara di Samarinda Ulu juga mengalami hal yang sama. Walaupun di beberapa daerah, air masih tetap tinggi. Menurut Camat Samarinda Ulu Edy Mariansyah, Kelurahan Air Putih kini tak lagi banjir. Tetapi di beberapa kelurahan lain seperti di Gunung Kelua, Sidodadi dan Dadimulya yang sebagian wilayahnya berada di Bantaran SKM, banjir tetap terjadi. Korbannya tak mengalami penurunan signifikan.

CSR DIPERTANYAKAN

Bantuan terhadap para korban banjir di Kecamatan Samarinda Utara memang terus berdatangan dari berbagai pihak. Bantuan umumnya berupa pakaian bekas masih layak pakai. Sementara kebutuhan yang mendesak bagi adalah bantuan makanan jadi.

Tetapi, hingga kini, masih belum terdengar bantuan dari berbagai perusahaan pertambangan batu bara yang beroperasi di wilayah Samarinda. Padahal, seperti diketahui Samarinda dikelilingi dengan areal pertambangan batu bara. Apalagi tambang batu bara ikut andil sebagai penyebab terjadinya banjir, meski bukan utama.

“Hingga kini belum ada bantuan sebagai bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan pertambangan,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda Dwiyanto Purnomosidhi kepada harian ini.

“Padahal, banjir di Samarinda ini sebagian akibat dari perusahaan pertambangan juga,” tambahnya.

Masalah bantuan memang sempat menjadi keluhan masyarakat. Salah satunya seperti yang disampaikan Syafruddin, salah seorang warga Jl Pemuda III RT 44 kepada harian ini. Menurut dia, bantuan mi instan yang dibagikan tak merata.

“Bantuan hanya di wilayah depan seperti di Jl Merak saja, tetapi tidak sampai ke Pemuda III,” urai Syafruddin. Karena itu dia meminta Pemkot atau pihak manapun yang akan memberikan bantuan, dapat lebih terkoordinir. (nin/ias)

Sumber : Samarinda Pos

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: