Bus Rp 3 Miliar untuk Kampanye SBY

Posted on 27 April 2009. Filed under: berita | Tag:, , , , , , |

Kompas – Minggu, April 26

KOMPAS.com-Bus mewah dengan suspensi udara di keempat titik rodanya itu terparkir manis di sudut halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta, beberapa minggu lalu.

Seorang pengemudi bertubuh subur, Hery, dan seorang asistennya, baru saja membawa bus itu dalam perjalanan panjang dari pool-nya di Karanganyar, Kudus di Jawa Tengah.

Tak lama kemudian Presiden SBY muncul bersama Ny Ani Yudhoyono menginspeksi bus tersebut. SBY bersama Ny Ani Yudhoyono naik ke dalam kabin dan mencoba interiornya. SBY sempat juga duduk di kursi pijat super nyaman yang terletak di tengah kabin yang di depannya terpasang televisi LCD berukuran jumbo.

Bus mewah itu adalah “Omahmlaku”, julukan untuk bus mewah  Volvo tipe B12M bermesin 12.000 CC. Partai Demokrat menggunakan bus mewah seharga kurang lebih Rp 3 miliar untuk mendukung proses kampanye SBY dari bandara ke lokasi kampanye.

“Omahmlaku” hanya merupakan satu dari sejumlah bus mewah yang dipakai Presiden SBY untuk kampanye Pemilu legislatif Maret sampai April, kemarin. Bus ini rencananya juga akan dipakai dalam Pilpres nanti.

Ada lima bus yang dipakai Presiden SBY. Omahmlaku adalah bus yang disewa dari PO Nusantara, Kudus, Jawa Tengah, yang konstruksi bodi dan interiornya dibangun oleh industri karoseri Adi Putro, Malang. Empat bus lainnya adalah bus baru yang khusus dipesan dari karoseri untuk Pemilu legislatif dan pemilu presiden (pilpres), Juli nanti.

Meski tak bersuspensi udara, interior keempat bus ini tak kalah mewah dari bus Omahmlaku yang disewa dari PO Nusantara.

Satu unit bus yang dipesan di karoseri Adi Putro misalnya, interiornya didesain sangat mewah. Tak cuma fitur-fitur yang terpasang tapi juga panel-panel pada dinding dan lantai bus. Secara umum interior atau kabin bus ini terbagi dalam empat bagian. Bagian pertama adalah ruang kemudi yang hanya diisi pengemudi, panel dasbor dan asisten pengemudi. Antara bagian pertama dan kedua disekat oleh kaca.

Pada interior bagian kedua terpasang dua kursi pijat yang posisinya tepat di tengah, dikelilingi oleh empat kursi untuk pengawal. Untuk panel hiburan, di sini juga dipasang televisi layar kristal alias TV LCD berukuran cukup besar, diatas 32 inchi, buatan LG. Juga, terpasang perangkat telepon internal, AC split.

Pada area kabin bagian ketiga terpasang sofa model U warna putih tulang, sebuah meja berukuran sedang, plus toilet.

Tak hanya itu, di area tengah ini juga terpasang dispenser dengan galon airnya yang menyediakan air panas dan es dan sebuah lemari kecil di dekatnya. Di ruang kabin ketiga ini juga terpasang perangkat telepon untuk komunikasi internal antarkabin.

Area paling belakang, area keempat adalah ruang untuk Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) untuk mengawal SBY mengunjungi berbagai kota untuk berkampanye.

Kursi bagian belakang berlapis kulit warna putih tulang ini cukup untuk 11 orang. Sempat muncul tanda tanya, mengapa keempat bus mewah ini menggunakan sasis dan mesin Mercedes-Benz? Yang pasti, untuk mengejar kenyamanan. Namun, ada juga ceplosan karena logo bintang silver segitiga Mercedes-Benz sangat mirip dengan logo segitiga Partai Demokrat.

Yang jelas, bus yang dikaroseri di Adi Putro ini akses keluar masuk penumpangnya dibuat dengan konfigurasi tiga pintu di sebelah kiri badan bus dan satu pintu di sebelah kanan. Bisa jadi, filosofinya sejalan dengan nomor urut Partai.

Demokrat yang di urutan 31. Karena, konfigurasi dan jumlah pintu yang sama juga diterapkan pada tiga unit bus mewah lainnya yang body building-nya dikerjakan di karoseri New Armada, Magelang.

Yang jelas, masing-masing bus sungguh nyaman untuk perjalanan jauh. Karena, kaca bus ini didesain sangat lebar dan lega yang membebaskan mereka yang berada di kabin untuk melihat ke luar.

Untuk aspek keamanan, selain rem standar yang berasal dari pabrikan Mercedes-Benz yang sudah bersistem full air, juga terpasang panel rem darurat sebagai tambahan.

Khusus area pengemudi dan asistennya disekat oleh kaca sehingga pengemudi tidak terganggu oleh aktivitas dan aneka percakapan mereka yang berada di dalam kabin jika sedang mengemudikan bus ini.

Seorang staf di DPP Partai Demokrat menuturkan, demi menjaga keamanan dan kemungkinan sabotase ketika bus ini selesai dibuat di karoseri Adi Putro, bus ini langsung dikirim dari pusat perakitan Adi Putro di Malang langsung ke markas tim pemenangan partai Demokrat di kawasan Jakarta tanpa boleh berhenti di jalan. (Persda Network/choirul arifin)

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: