Pentagon Akan Rilis Foto Penyiksaan

Posted on 29 April 2009. Filed under: berita | Tag:, , , , , , |

Minggu, 26 April 2009 , 22:34:00

WASHINGTON, (PRLM).- Pentagon akan segera merilis ratusan foto yang menunjukkan bukti pelanggaran yang dilakukan oleh militer Amerika Serikat (AS) terhadap tahanan “perang teroris” saat pemerintahan Presiden George W. Bush. Demikian diungkapkan salah seorang pejabat Departemen Pertahanan AS, Jumat (24/4) waktu setempat.

Foto-foto dimaksud termasuk foto kondisi dalam tahanan di Irak dan Afganistan. Dipublikasikannya foto-foto tersebut sebagai tanggapan terhadap gugatan hukum dan untuk menjawab isu kontroversial tentang perlakuan buruk AS terhadap tersangka teroris.

“Saya rasa akan ada ratusan foto yang dirilis,” kata seorang pejabat Pentagon menyinggung tentang foto yang dipublikasikan untuk pertama kalinya dalam jumlah banyak tersebut.

Departemen pertahanan mengonfirmasikan telah menyetujui untuk merilis sejumlah foto “substansial” pada 28 Mei, untuk menanggapi undang-undang kebebasan informasi yang diajukan oleh Persatuan Kebebasan Sipil Amerika (ACLU), kelompok HAM yang berpusat di New York.

Foto-foto itu berasal dari sekitar enam puluh penyelidikan kriminal oleh tersangka personel militer yang melakukan pelanggaran terhadap para tahanan pada tahun 2001-2006, ungkap pejabat Pentagon yang tak mau disebutkan identitasnya tersebut.

Tuntutan atas kasus tersebut juga mendapat dukungan dari satu organisasi kebebasan informasi yang diminta tahun 2003. Setelah pengadilan federal mengajukan naik banding untuk melawan pemerintah, pejabat pemerintah harus memutuskan untuk merilis foto-foto itu atau akan membawa kasus tersebut ke Mahkamah Agung.

Akhirnya, para pengacara dari departemen kehakiman dan departemen pertahanan memutuskan untuk tidak membawa kasus itu ke Mahkamah Agung. Demikian diungkapkan juru bicara Pentagon, Bryan Whitman kepada para wartawan.

“Kasus ini telah menarik perhatian. Opsi hukum terhadap beberapa butir kasus itu sebelumnya sangat dibatasi,” kata Whitman. (A-43/das)***

Sumber : Pikiran Rakyat

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: