Singapura Impor Beras Indonesia untuk Dijual Lagi

Posted on 30 April 2009. Filed under: berita | Tag: |

detikcom – Rabu, April 29

Indonesia akan memulai ekspor beras perdananya ke Singapura pada Mei 2009 dan ke Jepang pada Juni 2009 dengan jumlah sekitar 10.000 ton beras berkualitas super.

Beras yang diekspor RI ke Singapura itu dikabarkan akan diekspor lagi oleh Singapura.

Demikian disampaikan Dirut Bulog Mustafa Abubakar disela-sela Seminar Nasional Swasembada Beras Berkelanjutan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (29/4/2009).

“Saya kira baru akan dimulai dengan kualitas super pada Mei 2009. Rencananya Bulog akan mengekspor ke Singapura dulu, kemudian mungkin Singapura akan re-ekspor ke negara lain. Kita serahkan saja sepenuhnya kepada mereka,” katanya.

Jenis beras yang akan dikirim adalah beras super. Hal ini karena beras premium memiliki nilai kompetitif di pasar dunia ketimbang beras medium.

“Misalkan kita mencoba beras super, katakanlah beras aromatik. Itu nilai kompetisinya lebih tinggi dan jadi harga lebih bersaing, tidak ada saingan karena kualitasnya lokal yang khas,” tambahnya.

Pengiriman pertama ke Singapura akan dilakukan dengan volume sekitar 500-1.000 ton beras. Jumlah yang sama juga akan dikirim dalam pengiriman pertama ke Jepang.

Sedangkan terkait masalah harga, Mustafa mengakui hingga kini belum ada ketok palu berapa harga yang disepakati bersama.

“Penawaran harganya belum disepakati,” ujarnya.

Selain ke kedua negara tersebut, Bulog saat ini juga masih bernegosiasi dengan Filipina untuk ekspor beras jenis medium. Namun ekspor ini baru akan dilakukan jika pada kuartal ketiga 2009 terjadi kelebihan pasokan beras.

Tak hanya bersiap-siap ekspor, Bulog juga menyiapkan rencana impor sebagai langkah untuk berjaga-jaga. Jika impor ternyata tidak dibutuhkan, maka tidak ada penalti.

“Dengan Vietnam kita MoU impor sebagai payung untuk berjaga-jaga, backup jika kekurangan beras. Andai tidak terjadi sesuatu, ya zero impor dan tidak ada penalti. Karena tidak ada risiko apapun itu, Depdag, Deptan dan Depperin memperpanjang MoU-nya. In case nanti ada the worst condition dari luar, sudah ada backup dari luar,” tambahnya.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: